PENYAKIT ASMA DAN PENANGANANNYA

PENYAKIT ASMA PADA ANAK

Asma merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena alergi. Penyakit asma dapat digolong menjadi 2 golongan yaiitu asma ekstrinsik dan asma instrinsik. Asma yang disebabkan karena alerggi disebut dengan Asma Ekstrinsik sedangkan Asma yang tidak diketahui penyebabnya disebut dengan Asma Instrinsik.



G:\ANY\SCAN GAMBAR\New Folder\IMG.jpg
 

Hampir tidak ada keraguan bahwa asma juga merupakan salah satu penyakit yang diturunkan dalam keluarga dari satu generasi ke genersi berikutnya. Asma yang diakibatkan karena alergi (ekstrinsik) lebih sering diturunkan.

Ciri dan fakta yang perlu kita ketahui bahwa penderita asma mempunyai saluran pernafasan yang sangat peka dan beraksi sangat berlebihan apabila terangsang. Beberapa faktor yang perlu kita ketahui sebagai penyebab Asma yaitu:

1. Infeksi saluran nafas.

2. Menghirup udara yang tercemar atau merangsang saluran pernafasan, biasanya disebabkan oleh   debu, kabut atau hawa dingin, bau yang menyengat, dan suasana raungan yang pengap.

3. Olah raga yang berlebihan, yang menyebabkan anak menghirup udara yang dingin dan kering.

4. Emosi

5. Alergi


G:\ANY\SCAN GAMBAR\New Folder\IMG_0001.jpg



Banyak anak yang sensitif terhadap serbuk bunga,spora jamur, bulu binatang dan serpihan kulit. Serpihan kulit manusia merupakan makanan “tungau debu”. Tungau debu ini biasanya menempel pada bantal dan tempat tidur dan akan berkembang biak karena tempat ini dirasa lembab. Zat-zat dan allergen inilah yang dapat menyebabkan asma pada anak. Selain yang sudah diuraikan diatas, asma dapat juga disebabkan oleh berbagai jenis makanan dan obat-obatan, termasuk susu sapi, telur, dan zat pengawet dapat menyebabkan asma pada anak kecil.

Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan untuk mengatasi asma pada anak dan perlu diperhatikan antara lain:

1. Fisioterapi.

Fisioterapi ini dapat dilakukan secara medis dan secara tradisional. Fisioterapi secara teradional ini dengan cara pemanasan dibawah sinar matahari pagi. Anak atau bayi ditelanjangi dadanya, kemudian dijemur dibawah sinar matahari pagi (antara pukul 7.30 -09.00 wib) dengan posisi ditengkurapkan dan ditepuki pelan-pelan dengan tangan. Lakukan kegiatan ini sampai anak keluar keringan, kemudian dilap pakai handuk, dikeringkan dan dibedaki biar fres. Dilakukan setiap hari dipagi.

2. Senam asma, berenang dikolam air hangat.

3. Menghindarkan anak dari alergen dan pencetus serangan asma.

4. Tidak perlu mengucilkan anak karena asma bukan penyakit menular.

5. Jangan memelihara binatang piaraan didalam rumah.

Obat herbal yang dapat diberikan antara laian :

Pada anak balita diantaranya yaitu:

1. Parut kencur 1 rimpang (sebesar ibu jari) + bawang merah diparut dicampur menjadi satu diremas-remas kemudian dibalurkan apada pada dan punggung.

2. Kencur 1 rimpang diparut dibobohkan diatas kepala (untuk bayi atau anak dibawah 1 tahun).

Pada anak yang diatas lima tahun dapat dilakukan beberapa alternatif yaitu:

Kelelawar bisa digunakan sebagai obat asma dengan cara disembelih, kemudian dikuliti, dibuang kepalanya, dibumbui kemudian digoreng dan diberikan pada penderita. (pengalaman pribadi penulis).

Darah haid ibu kandung

1 sendok teh darah haid ibu kandung, ditambah 3 sendok makan air perasan mentimun, ditambah 1 sendok makan madu, semuanya diaduk sampai rata kemudian diminumkan pada penderita. (pengalaman pribadiĆ  dilakukan oleh keponakan penulis).

Label . kesehatan

0 komentar :

ADS LINK