MANFAAT WORTEL UNTUK MENGATASI: HIPERTENSI, RABUN SENJA, MATA MINUS, CACINGAN

clip_image002clip_image004clip_image006
Wortel, bengkoang, mentimun selain dapat dibuat rujak dapat pula digunakan untuk menangkal berbagai penyakit. Selain enak rasanya juga dapat menyehatkan badan, mari kita ikuti tip berikut ini.

Wortel dapat diolah menjadi sayuran yang sangat nikmat. Cara mengkonsumsinya juga beragam , ada yang dibuat jus, diolah menjadi masakan, dimakan mentah begitu saja, atau juga cara yang terbaik untuk mengkonsumsinya adalah hanya dengan merebusnya saja. Ada yang memanfaatkan wortel untuk mengurangi rasa amis. Tingginya kadar vitamin A juga berfungsi mengangkat aroma amis pada benda (ikan, ayam, daging-red) yang sedang Anda olah.
Wortel banyak mengandung beta karoten. Warna orange tua  menandakan kandungan beta karoten yang tinggi, warna wortel makin orange maka semakin tinggi kandungan beta karotennya. Beta karoten dapat mencegah dan mengatasi kanker, hipetensi (darah tinggi), menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dari dalam tubuh. Beta Karotennya mempunyai manfaat sebagai anti oksidan yang menjaga kesehatan dan menghambat proses penuaan. Selain itu Beta Karoten dapat mencegah dan menekan pertumbuhan sel kanker serta melindungi asam lemak tidak jenuh ganda dari proses oksidasi. Beta karoten yang terdapat pada wortel bisa menimbulkan warna kekuningan pada kulit tubuh manusia apabila terlalu berlebihan mengkonsumsinya. Oleh karena itu jangan mengkonsumsi wortel terlalu berlebihan dan harus disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kita.

Daun wortel mengandung porphyrins. Zat ini bermanfaat dapat merangsang kelenjar pituary dan meningkatkan hormon seks. Pada buah mengandung bisabolene, tiglic acid dan geraniol. Biji wortel liar mengandung flavonoid, minyak menguap termasuk asarone, carotol, pinene, dan limonene.
Kandungan wortel sebanyak 250 gr (3 batang wortel ukuran besar) atau secangkir sari wortel (150 ml air perasan wortel / ekstrak wortel) mengandung beberapa unsur penting yang diperlukan oleh tubuh antara lain sebagai berikut: Vitamin A sebanyak 34, 317, 40 mg. Beta karoten 16,678 mg. Vitamin C 11,35 mg. Folat 17,08 mg. Vitamin K 16,10 mg. Kalori  52,46 kalori. Protein 1,26 gram. Air 167,10 gr. Mineral pada wortel adalah fosfor, kalium dan atrium yang cukup tinggi. Dengan mengetahui manfaat ini Anda dan keluarga bisa lebih menyukai wortel.

Banyak penelitian menunjukkan, wortel sangat berkasiat untuk mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan. Cara memanfaatkan wortel sebagai obat diantaranya :

Pemeliharaan Mata ( mengatasi rabun senja & mata minus).                            Rabun senja ini terjadi karena menurunnya fungsi penglihatan seseorang pada saat senja atau peralihan dari siang ke malam. Penyakit ini diderita orang yang kurang mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A. Vitamin ini terkandung di sayuran hijau dan merah. Jadi Wortel sangat baik untuk penderita Rabun Senja. Wortel 5 batang (250 gr), diparut, diremas-remas kemudian diperas, disaring untuk diambil airnya. Minum 1 kali sehari dan diulang 2 kali seminggu.

Batu Ginjal : Wortel 3 batang cuci bersih lalu diparut, pace (mengkudu) 1 buah diremas-remas bersama parutan wortel, diperas kenudian disaring diambil airnya, tamabahkan 1 sendok makan madu, diaduk rata. Diminum 1 kali sehari selama 7 hari, atau sampai ginggang tidak terasa sakit lagi.

Menghaluskan Wajah :Wortel 1 batang ukuran besar, tambahkan 2 sendok makan madu. Caranya: wortel dimasak kemudian hancurkan hingga lembut, campur dengan madu. Oleskan pada kulit wajah, diamkan selama 20 menit atau kulit muka sudah terasa kering, kemudian bilas dengan air sampai bersih.

Mengatasi Nyeri Haid : Ambil 3 batang wortel dicuci bersih, dipotong-potong, tambahkan 200 ml air kemudian diblender. Dapat langsung diminum dengan ampasnya atau disaring. Minum 2 dalam seminggu, insyaallah haid bulan berikutnya tidak akan timbul rasa nyeri, dan lancar.

Mengatasi hipertensi: Wortel 3 batang dicuci bersih, bengkoang 1 buah dikupas kulitnya, mentimun 1 buah dicuci bersih diparut, diremas-remas, diperas, disaring diambil airnya. Diminum 1 kali sehari selama 7 hari atau sampai tensi kembali normal.
Batuk
Wortel 2 batang, tomat 1 buah , cuci bersih lalu parut, diremas-remas, diperas, disaring diambil airnya, tambahkan 1 sendok makan madu. Diminum1 kali sehari.

Untuk meningkatkan kesuburan pada pasangan suami-istri. Bahan: apel 1 buah, Wortel 4 batang, tauge 250 gr, tambahkan air 500 ml. Caranya: semua bahan diblender dibuat jus, disaring diminum untuk 2 orang (suami-istri) diminum rutin setiap pagi dan sore selama 1 minggu.

Cacing Kremi Wortel 3 batang diparut diambil airnya, kelapa hijau ¼ diparut dimabil santannya (yang masih kental) 3 sendok makan, garam ¼ sendok teh. Caranya: sari wortel, ditambah 3 sendok makan santan kental, garam ¼ sendok teh diaduk rata . Diminum sebelum tidur malam.

Untuk mengatasi sembelit. Wortel 2 batang dicuci bersih kemudian parut. Tambahkan 50 ml air matang yang hangat diremas-remas, diperas, disaring untuk diambil airnya tambahkan sedikit garam diaduk rata. Kemudian diminum 1 kali sehari secara rutin sampai sembelit sembuh.

0 komentar :

ADS LINK