MANFAAT BATANG LIDAH BUAYA BAGI KESEHATAN

clip_image002clip_image004clip_image006
Batang/ daun lidah buaya selain untuk tanaman hias ternyata dapat dibuat makanan, minuman, sebagai sampo, dan untuk menambah pengahsilan, ikutilah tip dibawah ini.
Lidah buaya atau alovera merupakan jenis tanaman yang sangat dikenal dan memiliki banyak manfaat. Tanaman ini didapat dengan mudah disekitar lingkungan kita. Daunnya agak runcing berbentuk taji, tebal, getas, tepinya bergerigi/ berduri kecil, permukaan berbintik-bintik, panjang 15-36 cm, lebar 2-6 cm, bunga bertangkai yang panjangnya 60-90 cm, bunga berwarna kuning kemerahan (jingga). Bunga Bunga Aloe Vera berwarna kuning atau kemerahan berupa pipa yang mengumpul, keluar dari ketiak daun. Bunga berukuran kecil, tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan, dan panjangnya bisa mencapai 1 meter. Tanaman ini sudah banyak dimanfaatkan olah banyak orang untuk menambah pengasilan dengan berbagai cara. Jaman dahulu orang mengenal lidah buaya sebagai alat pencuci rambut karena dapat menyuburkan rambut dan menghilangkan ketombe, pada jaman Ratu Cleopatra menggunakan lidah buaya untuk menghaluskan kulit.
Tanaman ini selain dapat dibuat obat dapat juga dibuat berbagai macam makanan dan minuman. Aneka makanan dan minuman yang terbuat dari lidah buaya memiliki harga jual yang luman tinggi, aneka produk makanan yang dihasilkan dari lidah buaya antara lain: sirup, selai, cendol, cocktail, dan candy.


Bahan membuat sirup terdiri 2 kg gula pasir, 1000 ml sari lidah buaya yang sudah diambil ampasnya dan satu liter air matang, 3 sendok makan glugosa, esen rasa stoberi secukupnya. Cara membuat: rebus gula pasir, sari lidah buaya dengan api kecil sambil diaduk-aduk, kalau sudah mendidih dan gula mulai mengental tambahkan 3 sendok makan glugosa diaduk kembali hingga rata sampai 15 menit, tambahkan esen buah rasa strobery atau (sesuai selera ), matikan kompor. Kalau sudah dingin dimasukakan ke dalam botol yang sudah diseteril, tutup botol dimasukkan kedalam almari es. Masa kedaluarso 3 bulan.


Bahan membuat candy: terdiri gula pasir 1 kg, daging lidah buaya kupasan 800 gr, gelatin 500 gr, air 250 ml, esen buah jeruk (sesuai selera), sitrunsur ½ sendok teh, pewarna makanan kuning. Cara membuatnya: daging lidah buaya dicuci bersih, diblender sampai lembut, tambahkan gula pasir, air, gelatin, pewarna makanan, direbus dengan api kecil sambil diaduk sampai rata. Bila adonan sudah mendidih selama 10 menit, matikan kompor tambahkan esen dan sitrunsur, diaduk kembali sampai rata. Tuangkan adonan dalam cetakan, setelah dingin masukakan ke dalam almari es, jadilah candy dan siap dimakan.

Bahan untuk chocktail terdiri : 10 helai daun lidah buaya, 500 ml air, 350 gram gula pasir, 4 lembar daun pandan, dan 1 sendok makan esen rasa lecee. 2 sendok makan air kapur sirih. Cara membuatnya: kupas daun lidah buaya sampai bersih diambil dagingnya dipotong-potong dadu, daging lidah buaya dicuci sampai bersih (sampai lendernya hilang). Rendam potongan daging lidah buaya dengan air, tambahkan air kapur sirih kedalam rendaman. Tunggu 30 menit. Buang air rendaman tadi dan cuci daging lidah buaya sampai bersih tiriskan. Rebus air dalam panci sampai mendidih, masukkan daging lidah buaya dan diaduk-aduk sampai semua daging lidah buaya terendam air panas. Matikan kompor tiriskan lidah buaya. Rebus air 500 ml, gula pasir 350 gr, 4 lembar daun pandan sampai mendidih dan kental,masukkan daging lidah buaya aduk rata, tambahkan 1 sendok esen rasa lecee diaduk kembali samapai rata, matikan kompor. Tunggu sampai dingin, choktail lidah buaya siap dihidangkan. Dapat untuk mengatasi sakit mag.
Selain untuk mengatasi masalah rambut, daun lidah buaya dapat mengatasi masalah kulit. Daun lidah buaya juga memiliki khasiat untuk membersihkan kulit wajah yang kering. Umumnya jika membersihkan kulit wajah dengan sabun khusus pembersih wajah, kulit terasa makin kering atau kasar. Coba lakukan ramuan berikut, selain membersihkan kulit, juga memberikan kelembapan.

Ramuan untuk mengatasi kulit kering/ kasar: kupas batang daun lidah buaya, kerok ambil gelnya 30 ml, tambahkan 50 ml minyak zaitun, 30 ml air mawar, 4 tetes minyak esensial, 2 tetes ekstrak biji anggur. kemudian campurkan seluruh bahan ke dalam blender atau food processor, simpan ke dalam botol kecil. Simpan di dalam lemari pendingin. Kocok sebelum digunakan. Cara menggunakan : pijatkan pada wajah dan angkat dengan kain atau basuh dengan air sampai bersih.

Ramuan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan:

Ramuan untuk mengatasi jerawat: bedak dingin 3 butir, 5 cm daun lidah buaya, daun sambiloto kering 10 gr. Cara menggunakannya: kerok daging lidah buaya sampai keluar lendirnya masukkan ke dalam cawan, tambahkan bedak dingin 3 butir, masukkan daun sambiloto yang sudah ditumbuk 1/4 sendok teh. Ramuan ini diaduk rata, kemudian diusapkan pada kulit wajah secara merata, tunggu 20 menit atau sampai kulit muka terasa kaku. Basuh muka dengan air bersih dan dilap dengan handuk muka. Lakukan setiap hari sampai jerawat hilang.

Ramuan untuk  menyuburkan rambut:  pelepah lidah buaya dicuci kemudian dikupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Rambut dibungkus dengan kain, kemudian dibilas pada esok pagi. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

Ramuan  untuk mengatasi kesiram air panas. Ambil batang daun lidah buaya. Kupas batang daun tersebut kemudian dikerok. Ambil cawan yang sudah diisi dengan air matang/ aqu. masukkan kerokan (gel) lidah buaya ke dalam cawan, diaduk sampai rata. Ambil kapas, celupkan/ masukkan kapas ke dalam cawan, kemudian tempelkan pada bagian yang terkena air panas dan kipasi sampai kapas kering. ganti kapas berulang-ulang sampai tidak terasa panas lagi.

*** Pengalaman pribadi pada anak saya, kakinya terkena air panas, dan tidak melepuh. kulit kakinya kering tidak ada cairan dalam kulit. setelah kering/ sembuh kulit mengelupas sendiri dan berganti kulit baru, tanpa meninggalkan bekas luka.     

Daun lidah buaya merupakan tanaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak digunakan dalam pengobatan herbal.

0 komentar :

ADS LINK