MANFAAT KURMA BAGI KESEHATAN

clip_image002clip_image004
Kurma dapat mengatasi berbagai penyakit dan meningkatkan kesehatan / stamina  jika diramu dengan benar. Rahasia ramuan dan manfaatnya ada dibawah ini.silahkan membaca
 
Kurma nama latin phoenix dactilifera merupakan sejenis tanaman palma yang banyak ditanam di daerah jazirah Arab dan sebagian orang menganggap Kurma hanya hidup di padang pasir. Namun di daerah lain yang memiliki kekeringan cukup tinggi, Kurma juga dapat hidup. Sekarang buah kurma menjadi komoditas andalan pertanian bangsa Arab. Buah ini dapat dimanfaatkan mulai dari bunganya (sebuk pucuknya), kurma basah (belum matang), hinga kurma yang sudah diolah menjadi manisan (kurma matang). Serbuk bunga kurma dipercaya dapat menyuburkan kandungan, dan mengatasi kemandulan.
Cara memanfaatkan serbuk bunga kurma yaitu: Campurkan 15gr-20gr serbuk bunga kurma dengan 1 kg madu diaduk rata. Minum madu yang sudah tercampur dengan serbuk kurma secara rutin 2x1 sehari satu sendok makan. Diminum pagi dan sore sebelum makan.
Untuk mendapatkan hasil yang baik dalam minum ramuan diatas dapat ditambahkan dengan susu segar. Cara menggunakannya yaitu: ambil 2 sendok makan madu asli, campurkan 2 sendok the serbuk pucuk bunga kurma, diaduk hingga rata dan diamkan selama 3 menit, tuangi dengan susu segar hangat 10 ml diaduk rata. Ramuan ini dibagi menjadi dua diminum oleh pasutri 1 jam sebelum melakukan hubungan intim.
Kurma segar memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis, seperti campuran sirup gula dan madu. Daging buah kurma berisi gula sederhana seperti fruktosa dan dekstrosa yang mudah dicerna dan cepat mengisi ulang energi tubuh. Karena karakteristik tersebut, kurma sangat cocok untuk mengawali berbuka puasa.
Menurut Prof Dr Ir Ali Khomsan, MS, Kurma memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, dan berguna bagi tubuh. Kandungan gula yang terkandung dalam buah kurma mancapai 50% dari seluruh buahnya dapat di perlukan oleh tubuh. Buah kurma memiliki kandungan vitamain dan mineral yang sangat dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Aneka zat yang terdapat dalam buah kurma yaitu: vitamin A, tiamin, riboflavin, niasin, kalium dalam jumlah cukup banyak, zat besi, vitamin B1, asam nikotinat yang berfungsi membantu melepaskan energi, menjaga kulit, dan saraf agar tetap sehat dan penting untuk jantung. Di dalam buah kurma juga ditemukan mineral, magnesium, kalium. Buah kurma mengandung serta serat yang cukup tinggi, sehingga sangat baik bagi pencernaan.
Penelitian yang terbaru menyatakan bahwa buah ruthab (kurma basah) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi). Bahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan Maryam binti Imran untuk memakan buah kurma ketika akan melahirkan, dikarenakan buah kurma mengenyangkan juga membuat gerakan kontraksi rahim bertambah teratur, sehingga Maryam dengan mudah melahirkan anaknya.
Kandungan zat yang terdapat dalam buah kurma dapat dimanfaatkan sebagai berikut:
1. Kurma adalah sumber vitamin A, yang dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Mengkonsumsi buah kurma setiap hari dapat membantu melindungi dari kanker paru-paru dan rongga mulut.
2. Kurma mengandung antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.
3. Buah kurma kaya serat yang mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar, dan mempermudah buang air besar atau bab.
4. Kurma basah dapat mencegah terjadinya pendarahan bagi perempuan ketika melahirkan, dan mempercepat proses pengembalian posisi rahim seperti sebelum waktu hamil.
5. Kurma matang kaya akan unsur kalsium dan besi. Makanya sangat dianjurkan bagi ibu yang sedang hamil dan yang akan melahirkan karena akan memudahkan persalinan serta membantu keselamatan ibu dan bayinya. 
6. Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Zat besi adalah komponen dari hemoglobin di dalam sel darah merah yang menentukan daya dukung oksigen darah. Makan 3 biji buah kurma setiap hari dapat menyembuhkan penyakit “anemia/ kurang darah”.
7. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.
8. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.
9. Kandungan zat besi dan kalsium pada buah kurma matang juga membantu proses pembentukan air susu ibu dan pembentukan darah serta tulang sumsum pada bayi dalam kandungan.
10. Buah Kurma dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Anak-anak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kurma agar kondisi kejiwaan mereka menjadi tenang, dan dapat terhindar dari penyakit gondok.
Biasanya anak kecil susah makan buah kurma. Oleh karena itu, sebaiknya buah kurma diberikan dalam berbagai bentuk makanan atau minuman. Berikut ini adalah resep dari buah kurma.
· Sirup/ sari kurma.
Bahan yang digunakan: 1500 kg kurma jenis red sayer, 1000 ml air, 330 gr glugosa, 330 gr floktosa. Cara membuatnya:kurma dibuang bijinya kemudian diblender sampai lembut, kemudian disaring, direbus dengan api kecil kira-kira 1 ½ jam atau sampai kental sambil diaduk-aduk. Masukkan glugosa dan fruktosa sesuai dengan takaran aduk rata. Matikan kompor, tunggu sari kurma sampai dingin kemudian masukan ke dalam botol yang sudah diseteril. Sari kurma siap digunakan dapat juga dipasarkan untuk dijual.
· Kopi kurma.
Bagi orang yang kecanduan dapat memanfaatkan biji kurma sebagai ganti kopi dan bermanfaat bagi kesehatan. Bahan : 150 gr biji kurma, 1 sendok makan beras, 15 gram kelapa potong kecil-kecil. Sangria atau goreng tanpa minyak semua bahan diatas, kemudian ditumbuk sampai halus atau digiling sampai halus. Cara menggunakan sama seperti menggunakan kopi biasa.
· Jus kurma.
Kurma dapat digunakan untuk berbagai minuman dengan cara dijus bersama dengan buah yang lain atau dapat dijus sebagai penganti gula untuk pendamping minuman teh. Teh kurma: 5 buah kurma, 100 ml air dingin diblender sampai halus saring, masukkan dalam gelas. Tuangkan teh panas kedalam gelas yang telah diisi dengan sari kurma, aduk rata. Teh siap diminum atau digunakan.

0 komentar :

ADS LINK