TEMPE UNTUK MENGATASI DIARE PADA ANAK

 
Tempe
Manfaat Tempe spesial ini mungkin belum banyak diketahui orang namun resep tempe ini sudah dipraktekan di rumahsakit terkenal di Jawa Tengah, ini resep dari seorang Profesor Ahli Pencernaan anak
Tempe  adalah bahan makanan yang mudah didapat disekitar kita, tetapi tidak tahu cara memanfaatkannya. Ternyata tempe dapat mengatasi masalah pencernaan pada Balita.


TEMPE UNTUK MENGATASI DIARE PADA ANAK
Tempe merupakan salah satu produk makanan yang terbuat dari kacang kedelai yang utuh, kemudian direbus, dibuang airnya, didinginkan setelah itu diberi ragi (diproses fermentasi).
Tempe banyak mengandung gizi antara lain; protein, karbohidrat, vitamin, lemak, serat,  enzim, daidzein, genisten, kalsium, serta komponen antibakteri.  Tempe sangat bermanfaat bagi kesehatan, dan dapat diberikan untuk semua golongan umur ( dari bayi hingga lansia ).

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa tempe adalah makanan sehat dan berserat tinggi dibanding dengan makanan lain yang terbuat dari kacang kedelai. Kacang kedelai yang telah mengalami proses fermentasi ini, akhirnya menjadikan tempe banyak bermanfaat bagi kesehatan kerena:
  • Tinggi serat Tempe mengandung serat yang sangat tinggi. Serat ini sangat dibutuhkan bagi saluran pencernaan dan sekaligus dapat mengurangi asam lambung.
  • Mudah dicerna Tempe adalah makan yang baik bagi orang yang punya masalah pencernaan, karena tempe berprotein tinggi yang berasal dari tumbuhan kacang-kacangan. Proses fermentasi pada tempe menjadikan kacang kedelai dalam tempe menjadi lebih lembut karena enzim yang diproduksi ragi sebelumnya sudah mencerna nutrisi yang ada di biji kedelai.
  • Jamur Rhizopus dalam tempe memproduksi enzim phytase yang mencerna phytates, sehingga meningkatkan penyerapan mineral seperti zinc, besi, dan kalsium. Proses fermentasi juga mengurangi oligosakarida yang membuat kacang kedelai susah dicerna.
Pada sebuah penelitian membuktikan bahwa tempe tidak menyebabkan kembung, oleh karena itu sangat baik diberikan pada anak yang sedang mengalami diare. Berikut ini adalah resep tempe untuk membantu mengurangi diare pada anak, dan dapat juga diberikan pada anak yang sedang mengalami alergi pada susu sapi.

1. Tempe Juice Segar Manis                                                                           
 (Resep :Prof. Dr. dr. I. Sudigbia) spesialis pencernaan pada anak RS.ST Elisabeth Semarang.

Bahan: Tepung beras 15 gr (2 sdm). Tempe 50 gr (2 kotak korek api). Gula pasir 10 gr (2 sdt). Margarin 10 gr (1 sdt). Garam secukupnya.

·Cara membuat:

Tempe, gula, margarine digongso dalam panci kecil. Setelah tempe menjadi layu, tambahkan air dan garam secukupnya kemudian direbus sampai tempe menjadi lunak dan tidak terasa langu lagi. Angkat tempe dan diblender sampai halus (bila perlu dapat ditambah dengan air). 
Tepung beras dibuat adonan (diencerkan dengan air secukupnya) dimasak dalam panci yang tadi digunakan untuk merebus tempe. Kemudian masukkan tempe yang sudah diblender dan masak bersama adonan tepung beras. Aduk sampai rata dan halus. Setelah kalis dan tidak berbau tepung lagi diangkat dan dihidangkan dalam mangkuk atau piring. Disuapkan selagi masih hangat.

2. Tempe Juice Bumbu Semur                                                                               

 Bahan: · Tepung beras 15 gr (2 sdm).  Tempe 50 gr (2 kotak korek api) · Gula pasir 10 gr (2 sdt) · Margarin 10 gr (1 sdt).  Garam secukupnya. · Kecap manis 10 ml (1 sdm).

Cara membuat:                                                                                                ·

Tempe, gula, margarine digongso dalam panci kecil. Setelah tempe menjadi layu, tambahkan kecep manis, air dan garam secukupnya kemudian direbus sampai tempe menjadi lunak dan tidak terasa langu lagi. Angkat tempe dan diblender sampai halus (bila perlu dapat ditambah dengan air).
· Tepung beras dibuat adonan (diencerkan dengan air secukupnya) dimasak dalam panci yang tadi digunakan untuk merebus tempe. Kemudian masukkan tempe yang sudah diblender dan masak bersama adonan tepung beras. Aduk sampai rata dan halus. Setelah kalis dan tidak berbau tepung lagi diangkat dan dihidangkan dalam mangkuk atau piring. Disuapkan selagi masih hangat.

*** Catatan: 
untuk anak umur 1 tahun keatas dapat ditambah bawang putih (sedikit saja).
3. Susu Tempe (Resep: dr. Tan Shot Yen, M.Hum)

Bahan:
Tempe 100 gr .· Air 300 ml. · Gula pasir/ gula jawa secukupnya.

Cara membuat:  Rebus tempe sampai layu, buang airnya agar tidak langu.  Masukkan tempe, gula secukupnya, dan air 300 ml kemudian diblender sampai halus lalu disaring.  Rebus sari tempe sampai mendidih, angkat. Disajikan kedalam gelas atau dimasukan kedalam botol.

 Maanfaat Tanaman Kaki Kuda (Pegagan)
Manfaat Daun dan Kulit Mangga untuk Mengendalikan Diabetis
Sirih Merah Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit
Virgin Coconut Oil Dapat Meningkatkan Kesehatan
Herbal untuk Menurunkan Tensi dengan Daun Sirsat dan Daun Salam
MANFAAT BUNGA KAMBOJA BAGI KESEHATAN
Manfaat Jeruk Nipis Mengatasi Amandel Batuk Batu Ginjal

0 komentar :

ADS LINK