Maanfaat Tanaman Kaki Kuda (Pegagan) untuk Mengobati Flu & Sakit kepala

 

Tanaman Kaki Kuda (Pegagan)

 

KAKI KUDA ( PEGAGAN)                                                                                        PEREDA INFLUENZA dan SAKIT KEPALA

Daun tumbuhan ini mirip benar dengan bentuk “kaki kuda”. Kaki kuda termasuk tumbuhan liar. Tanaman ini tumbuh merambat dan menyukai tanah yang agak lembab serta anti sinar matahari yang berlebihan. Kaki kuda bisa ditemukan di padang rumput, pinggiran selokan, sawah dan tempat yang sejenisnya. Kaki kuda dikenal dalam bahasa latin “Centella Asiatica”. Kaki kuda termasuk keluarga Umbelliferae. Kaki kuda bercirikan bunga yang berwarna putih atau merah muda berbentuk paying kecil.

Menurut Brunce Ames PhD, riset di University California, mengatakan “satu radikal bebas menyerang satu sel tubuh manusia sebanyak 10.000 kali setiap hari.

Kaki kuda (Pegagan) merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan Asiatioksida dan Karotenoid merupakan senyawa aktif yang dapat memicu produksi dan kinerja enzim-enzim antidioksidan dalam tubuh.

Menurut Dr Nurliani Bermawie, periset dari Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik, menyebutkan bahwa sifat antioksidan asiatioksida yang terdapat dalam kaki kuda (pegagan) dapat membantu melancarkan sirkulasi oksigen dan nutrisi serta melindungi sel-sel otak. Otak sangat sensetif terhadap radikal bebas. Kaki kuda (pegagan) dapat disejajarkan dengan Ginko biloba yang tersohor sebagai suplemen otak. Mengkonsumsi “kaki kuda” (pegagan) setiap hari akan memperlancar peredaran darah ke otak sehingga akan membantu menghilangkan sakit kepala. Kaki kuda (pegagan) dapat membantu mempercepat proses penyembuhan luka, karena mengandung fibroblast yang berperan dalam proses penyembuhan luka. Zat fibroblast yang terdapat pada “kaki kuda” (pegagan), mampu memproduksi subtansi dasar pembentukan serat kolegen, yaitu serat yang mempertautkan tepi luka.

1. Resep untuk mengobati sakit influenza

Ambil satu genggam daun kaki kuda (pegagan) yang sudah kering, tambahkan 3 iris jahe, tambahkan 2 gelas air direbus hingga 1 gelas air, tambahkan 1 sendok makan madu diaduk rata, diminum hangat.

Cara menambahkan madu sebaiknya jika rebusan kaki kuda (pegagan) sudah agak diingin biar kasiat madunya tidak hilang. Kaki kuda (pegagan) sudah tersedia dalam bentuk kapsul, dapat dibeli ditoko-toko obat.

2. Resep untuk mengobati sakit kepala

Ambil 1 genggam daun kaki kuda, tambahkan 1 sendok tek jintan. Rebus kedua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas. Saring, tambahkan 1 sendok makan madu, diminum selagi masih hangat. Ramuan ini untuk pagi ½ gelas dan sore ½ gelas.

0 komentar :

ADS LINK