MADU UNTUK MENGATASI BERBAGAI PENYAKIT & MENINGKATKAN KESEHATAN

 

Madu Asli

Bila Anda mempunyai masalah dengan: kulit, kecantikan, kesehatan (sakit maag, anemia, masalah pencernakaan ) silahkan ikuti postingan ini.

Madu memiliki komponen kimia yang memiliki efek koligemik yakni asetilkolin. Asetilkolin berfungsi untuk melancarkan peredaran darah dan mengurangi tekanan darah. Gula yang terdapat dalam madu akan terserap langsung oleh darah sehingga menghasilkan energi secara cepat bila dibandingkan dengan gula biasa. Selain itu madu kaya akan kandungan antioksidan.

Ibnu Sina, sarjana terkenal dibidang kesehatan dan filsafat pada tahun (890-1037) dalam usia lanjut masih tampak sehat dan muda. Ketika ditanya resep awat mudanya, ia mengatakan bahwa makananya selalu dicampur madu.

Madu mengandung unsur-unsur seperti: kalsium, yodium, sulfur, fosfor, klorida, natrium, besi, natrium, kalium, za, dan vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu madu juga mengandung asam organik seperti: asam laktat, asam oksalat, asam sitrat, asam tatrat, asam malat, dan asam amino esesnsial. Di dalam madu juga terdapat pula zat yang bersifat biogenetic stimulant yang dapat merangsang pertimbuhan jaringan tubuh manusia. Secara umum madu mengandung 3.150 kkal.

Pemanfaatan madu secara umum biasanya madu digunakan melalui berbagai cara misalnya: sebagai campuran minum jamu, dicampurkan ke dalam makanan dan minuman, dan dikonsumsi secara langsung.

Manfaat & cara Penggunaan Madu

  1. Membantu menjaga stamina dan kesehatan Ibu Hamil karena memberikan asupan gizi yang  tinggi bagi pertumbuhan janin yang sehat selama dalam kandungan. Cara penggunaannya: tuangkan 1 sendok makan ke dalam gelas, tambahkan air 150 ml aduk rata. diminum padi dan sore.
  2. Mengobati luka baker dan bisul-bisul, karena madu memiliki spesifikasi anti proses peradangan (inflammatory activity anti). Cara penggunaannya: oleskan madu pada luka atau bisul.
  3. Mencegah terjadinya radang usus besar (colitis), maag dan tukak lambung. Madu berperan baik melindungi kolon dari luka-luka yang biasa ditimbulkan oleh asam asetat dan membantu pengobatan infeksi lambung (maag). Cara penggunaannya : 1 butir telur ayam kampung diambil kuningnya, tambahkan 2 sendok makan madu diaduk sampai kuning telur menggumpal (1/2 matang), sementara itu siapkan empu kunir (bonggol kunir) 2 buah diparut diambil sarinya kira-kira 3 sendok makan. Tambahkan sari kunir ke dalam telur yang telah dicampur madu tadi. Aduk rata kemudian diminum setiap pagi sebelum sarapan. Lakukan selama 3-7 hari (sampai sembuh).
  4. Dapat digunakan untuk menyikat gigi dapat memutihkan serta menyehatkan gigi dan gusi, mengobati sariawan dan gangguan mulut. Cara penggunaannya: tuangi sikat gigi dengan madu, kemudian tambahkan pasta gigi diatasnya, sikat gigi seperti biasanya.
  5. Meningkatkan nafsu makan Anak-anak ( adanya unsur vitamin B yang lengkap dalam madu), dan mempercepat pertumbuhan fisik sehingga anak tumbuh sehat, serta tahan terhadap penyakit. Cara penggunaannya: diberikan dengan cara dicampurkan pada makanan dan minuman atau langsung seperti meminumkan vitamin pada anak.
  6. Merupakan makanan terbaik bagi manula yang organ pencernaannya sudah mulai berkurang fungsinya, karena madu adalah sumber energi dan gizi yang dapat diserap langsung oleh tubuh. Cara penggunaannya: diberikan dengan cara dicampurkan pada makanan dan minuman atau langsung seperti minum sakatonik.
  7. Buah-buahan yang direndam dalam madu bisa bertahan sampai 6 bulan, tetapi dapat digunakan sebagai obat, setelah direndam dengan madu selama 3bulan. Cara penggunaannya: kupas 3 buah apel cuci bersih dan potong dadu atau sesuai selera, masukkan dalam dalam toples gelas, tambahkan madu sampai seluruh buah terendam. Toples ditutup, simpan selama 3 bulan baru digunakan sebagai obat. Kedaluarso setelah 6 bulan.
  8. Menghaluskan dan melembabkan kulit karena banyak mengandung vitamin. Bahan resep: bengkoang 3 buah, madu ½ - 1 sdt (sesuai kebutuhan). · Caranya: bengkoang parut (diekstrat) diambil sarinya. Diamkan sari bengkoang sampai patinya mengendap dan airnya di atas kelihatan memisah. Buang airnya dan angin-anginkan patinya sampai kering. · Cara pemakaian : cairkan pati bengkoang dengan air bersih (air matang / aqua) tambahkan madu, gunakan sebagai lulur dan masker. Diamkan selama 30 menit atau kering, kemudian bersihkan dengan air bersih. Lakukan 2 x sehari sebelum mandi, kulit akan menjadi putih dan halus.
  9. Untuk mengatasi anemia .Bahan resep : wortel 3 buah, jambu biji merah 1 buah (yang besar), madu 1 sdm. Caranya: parut (diekstrat) wortel dan jambu, diambil sarinya, tambahkan 1 sdm madu diminum pagi dan sore.
  10. Untuk masalah saluran pernapasan termasuk batuk kronis. Bahan resep : wortel 3 buah, tomat 1 buah, madu 1 sdm.Caranya: parut (diekstrat) wortel dan tomat, diambil sarinya, tambahkan 1 sdm madu diminum pagi.
  11. Dapat membantu menghilangkan jerawat. Bahan resep: jeruk nipis 1 buah, madu 1 ½ sdt. · Caranya: peras jeruk nipis diambil airnya, tambahkan madu, masukkan ke dalam cawan stenles panaskan diatas api kecil (dapat menggunakan lilin) sampai mendidih aduk-aduk angkat. Bila sudah dingin gunakan sebagai masker diamkan selama 30 menit, kemudian cuci muka sampai bersih. Lakukan 1 x sehari, setiap hari untuk hasil yang maksimal.

0 komentar :

ADS LINK