MANFAAT BUNGA KAMBOJA BAGI KESEHATAN

Bunga Kamboja

Bersumber dari Ahli Farmasi  (Prof.DR.Mangestuti Agil, Apt, MS.)

 

Beberapa bagian dari pohon kamboja bisa digunakan untuk menunjang kesehatan. Dari bunga, kulit batang, daun dan getahnya bisa dibuat obat. Bunga kamboja yang telah dikeringkan dapat digunakan untuk menyembuhkan diare. Ambil 12-24 gram bunga kamboja kering, rebus dan minum sampai sembuh. Rebusan kulit batang dapat diguanakan untuk pertolongan pertama pada orang sakit gigi, demam dan gangguan buang air besar. Selain itu dapat juga dipakai untuk mengatasi tumor, diare dan penyakit kelamin. Daun kamboja yang direbus dapat membantu mengendalikan serangan asma dan juga mengobati kulit pecah pada daerah tumit. Getah yang dicampur minyak kelapa dan dihangatkan dapat dipakai untuk mengatasi rematik, artristik dan gatal.

Kandungan minyak atsiri pada kamboja.

Bunga kamboja kaya akan kandungan asam palmitrat, yang jumlahnya mencapai 36,2%, asam linoleat, asam laurat dan asam miristat. Selain asam, kandungan minyak atsiri juga ada di dalam bunga kamboja. Dari minyak atsiri inilah aroma harum itu berasal. Minyak ini dapat bekerja sebagai anti jamur.

Sebuah penelitian yang telah dilakukan di Malaysia terhadap 3 jenis bunga kamboja yaitu kamboja putih, merah orange dan merah memiliki kandungan minyak atsiri yang berbeda.

Bau wangi yang berasal dari bunga kamboja putih berasal dari kandungan benzyl salisilat, benzyl benzoate, nerol dan linanool di dalamnya.

Bau wangi yang keluar dari bunga kamboja merah orange berasal dari komponen utama feni etil benzoate, dan asam dodekanoat yang jumlahnya sebanyak 11,8 %. Selain itu ada juga asam heksadekanoat di dalamnya. Konsentrsi kandungan nerolidol didalamnya ternyata tinggi yaitu 14,4% dan geraniol 4,1 %. Sedangkan bau wangi kamboja warna merah berasal dari kandungan asam heksadekanoat.

Penggunaan minyak atsiri biasanya untuk mengharumkan air mandi, yang biasa dilakukan pada pelayanan spa. Selain dicampur di dalam air, minyak atsiri bunga kamboja juga digunakan untuk aroma terapi. Uang yang mengandung partikel minyak atsiri bekerja langsung pada otak dan menghasilkan suasana rileks dan akan meningkatkan daya tahan tubuh. Lakukan seminggu sekali dan kita akan menikmati hasilnya.

Kamboja sebagai anti radang

Penelitian ilmiah sudah mulai dilakukan untuk mempelajari manfaat daun kamboja sebagai anti radang pada hewan-hewan percobaan. Sari etanol yang diambil dari daun, ternyat mengandung senyawa golongan steroid, tannin, alkaloida, flavonid, glikosida dan lain-lain. Selain itu ada juga golongan stigmasterol, asam ursolat dan lupeol.

Dari hasil penelitian menunjukkan sari daun bunga kamboja dalam etanol dapat mengatasi peradangan yang diakibatkan olah beberapa faktor dan teruji keamananya. Selain sari etanol, daun kamboja juga bersifat anti mutagenik pada hewan percobaan. Ini berarti berkaitan dengan dengan anti tumor dan anti radikal bebas.

Radikal bebas adalah salah satu penyaban meluasnya gangguan kesehatan berupa penyumbatan pembuluh darah, penyakit jantung, kencing manis dan penyakit saraf.

Bunga kamboja sebagai makanan dan minuman

Bunga kamboja dapat dimakan dan dibuat teh. Untuk tujuan konsumsi sangat dianjurkan memilih yang organik yaitu kamboja yang ditamam dan dirawat tanpa menggunakan bahan kimia.

Ambil beberapa bunga kamboja, lalu dicuci bersih menggunakan air dingin, keringkan diatas kertas pengering. Selanjutnya bunga kamboja dapat langsung dicampurkan dengan sayur slada untuk salad. Kelopak bunga kamboja yang segar dapat juga ditaburkan di atas nasi putih atau merah untuk menambah aroma atau keindahan. Bunga kamboja dapat digoreng dengan tepung sebagai cemilan, seperti tempura khas jepang.

Untuk membuat teh bunga kamboja; keringkan buanga kamboja yang masih segar dengan cara diangin-anginkan. Setelah kering, disedu dengan air panas dalam cangkir. Tutup dan diamkan selama 10 menit kemudian diminum.

Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba dan mengenal bunga kamboja perlu berhati-hati, sebab bisa menimbulkan gangguan saluran cerna.

0 komentar :

ADS LINK