Manfaat Jeruk Nipis Mengatasi Amandel Batuk Batu Ginjal

 

image

JERUK NIPIS

image

 

AMPUH SEMBUHKAN BEBERAPA PENYAKIT

Jeruk nipis dapat dimanfaatkan sebagai herbal alami untuk obat batuk, peluruh dahak, peluruh kencing dan keringat serta membantu proses pencernaan. Kandungan limonene dan linolool, flavoroid seperti hersperdine, rhoifolin dan naringan. Sedangkan kandungan dalam buah masaknya adalah synephrine dan N-metyltyramine, asam sitrat, kalsium, fosfor, besi dan vitamin A, B1 dan C. Berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang dapat ditangkal oleh jeruk nipis.

1. Amandel.

- Resep 1: cuci bersih 3 buah kulit jeruk nipis, direbus dengan 1 lt air selama 30, saring diminum 3 x sehari.

- Resep 2 : sari 2 buah jeruk nipis dengan 1 sdt madu dengan air hangat dan tambahkan sedikit garam

2. Batuk disertai influenza.

- Resep 1: sari dari 1 buah jeruk nipis matang, disedu dengan air hangat dan tambahkan sedikit air kapur sirih. Minum 2 x sehari 2 sdm.

- Resep 2: sari dari 1 buah jeruk nipis ditambah dengan sepotong gula batu diaduk rata dan diminum sehari sekali diminum sampai sembuh.

3. Batu ginjal.

Encerkan sari dari 2 buah jeruk nipis dengan air, diminum setelah makan malam, lakukan selama 10 hari berturut-turut.

4. Difteri.

Sari 2 buah jeruk nipis ditambah 1 sdt madu dan air hangat, gunakan untuk kumur-kumur selagi masih hangat, sisa untuk kumur masih bias diminum. Lakukan 3 x sehari samapai sembuh.

5. Vertigo.

Lumatkan ½ genggam daun jeruk nipis, tambahkan 1 sdm air jeruk nipis. Gosokan ketengkuk, pelipis dan dahi. Lakukan 2 kali sehari.

6. Anyang-anyangan.

Perasan 2 buah jeruk nipis dengan air hangat dan gula batu secukupnya, minum selagi masih hangat.

7. Demam atau flu

          Resep 1: Satu buah jeruk nipis peras diambil airnya, tambahkan 3 siung bawang merah dan minyak kelapa kemudian oleskan pada kening penderita.                                                                                                                                Resep 2:  Satu buah jeruk nipis dipanggang sampai kecoklatan diambil airnya, ditambah 1 sendok makan madu diminum sekaligus.

8. Haid tidak teratur.

Tiga sendok makan air jeruk nipis, ditambah 1 sendok makan madu, dan 2 gelas air panas kemudian diminum selagi masih hangat.  Lakukan 3 x sehari.

9. Terkilir.

Sedu 1 buah jeruk nipis dengan air hangat, setelah dingin disaring untuk diambil airnya, tambahkan minyak kayu putih dan minyak gandopuro, gunakan untuk mengurut kaki yang terkilir. Dianjurkan setelah diolesi ramuan ini dilengkapi dengan minum air kelapa hijau muda  (air degan kelapa hijau)  3/4 gelas.

10. Menambah stamina.

Kuning telur ayam kampung, gula merah dan air perasan jeruk nipis, diaduk rata kemudian diminum sekaligus.

11. Menurunkan tekanan darah tinggi.

Tiga puluh (30) lembar daun jeruk nipis ditambah 20 kuntum bunga jeruk nipis dicuci bersih dan ditambahkan perasan air 2 buah jeruk nipis. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air hingga menjadi 2 gelas. diminum ramuan ini 3 x sehari 3/4 gelas, lakukan setiap hari. 

12. Melangsingkan tubuh.

Secangkir the hijau ditambah dengan 1 buah jeruk nipis yang sudah diperas airnya, diminum secara teratur pagi dan sore. Lakukan setiap hari, dan dianjurkan diminum setelah makan.

13. Menurunkan koles terol

Peras 1 buah jeruk nipis untuk diambil airnya masukkan ke dalam gelas,  tambahkan gula pasir secukupnya (sesuai selera) ditambah air panas, diminum selagi masih hangat pada malam hari. Lakukan secara teratur akan mengurangi koles terol.    Bila Anda  punya sakit maag, dapat diminum setelah makan malam 1/2 potong buah jeruk nipis.

0 komentar :

ADS LINK