TANAMAN BERKHASIAT UNTUK OBAT HEPATITIS MENURUT PROF H. HEMBING WIJAYAKUSUMA

 

Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang sangat mengganggu dan mengancam hidup manusia. Sebenarnya penyakit ini dapat dicegah dan diatasi secara alamiah dengan menggunakan tanaman obat yang banyak tumbuh disekitar kita.

Hepatitis adalah proses peradangan pada jaringan hati dengan gejala: badan lemah, perut mual, warna air seni berubah menjadi seperti teh, mata dan badan berwarna kuning, otot dan sendi terasa sakit, sakit kepala, sariawan, pusing, demam, dan badan panas. Hati merupakan organ tubuh terbesar dan  sangat penting. Kerusakan hati dapat mengakibatkan berbagai penyakit dan dapat menyebabkan kematian. Fungsi hati yang paling utama adalah sebagai gudang dan pabrik yang menghasilkan albumin, faktor pembekuan dan asam empedu. Selain itu hati juga berfungsi untuk mengubah bentuk zat-zat, memusnahkan racun, sebagai tempat penyimpanan gula, vitamin A, vitamin D, membuat enzim dan lain-lain.

Hepatitis disebabkan oleh virus dan bakteri. Virus merupakan penyebab utama penyakit hepatitis. Virus hati biasanya ditularkan dari manusia, meskipun kadang kala ditularkan olah binatang.

Para ahli telah mengidentifikasi 5 macam virus hepatitis yaitu:

  1. Virus hepatitis A (VHA)
  2. Virus hepatitis B (VHB)
  3. Virus hepatitis C (VHC)
  4. Virus hepatitis D (VHD)
  5. Virus hepatitis E (VHE).

Diantara virus-virus tersebut, yang paling berbahaya adalah virus hepatitis B, Di Indonesia penyakit hepatitis termasuk 10 penyakit yang menyebabkan kematian terbesar pada tahun 1980. Penderita penyakit hepatitis B dapat menjalani pengobatan secara tradisional dengan menggunakan tanaman obat yang ada disekitar kita.

Adapun jenis tanaman obat yang dapat digunakan antara lain yaitu: daun serut, akar alang-alang, bunga tasbeh, rambut jagung, daun meniran, jombang, bugenvil, sambiloto, kumis kucing, daun kembang merak, jamur hioko, jamur putih (asparagus) jamur lince, dan sawi langit.

Berikut ini adalah cara mengolah tanaman obat yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit hepatistis yaitu:

  • Herbal obat hepatitis : 30 gr daun serut segar, 15 gr daun serut kering direbus dengan 600 ml air hingga tersisa 300 ml. Minum 1-3 kali sehari.
  • Rebus akar bunga tasbeh segar sebanyak 60-120 gr dengan menggunakan air 2 gelas, hingga tersisa 1 gelas. Diminum air rebusan diatas  2 kali sehari 1/2 gelas . 
  • Rebus 100 gr akar alang-alang segar dengan 3 gelas air hingga tinggal 1 gelas. Minum ramuan ini sebanyak 1/2 , dan diminum 2 x dalam sehari.
  • Herbal obat hepatitis : 15-30 gr tanaman sawi langit yang masih segar (seluruhnya). Direbus dengan 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas ramuan ini, diminum 2 x sehari 1/2 gelas.
  • 30 gr rambut jagung, direbus dengan air secukupnya. Minum airnya setiap hari.
  • 60 gr daun sendok segar dicuci bersih, kemudian direbus menggunakan air secukupnya. Diminum ramuan ini setiap hari. Air rebusan daun sendok dapat menimbulkan nafsu makan dalam waktu 5-7 hari.
  • Herbal obat hepatitis : 30-60 gr daun meniran segar, direbus dengan 2 gelas air sehingga tinggal 1 air  gelas. Dinimum air rebusan ini 1 kali sehari.
  • 15 gr batang  bugenvil kering, direbus dengan air secukupnya. Diminum ramuan ini setiap hari.
  • 30 gr daun sambiloto yang segar atau 15 gr daun sambiloto kering. Direbus dengan menggunakan air sebanyak 600 ml hingga tinggal 300 ml. Minum ramuan ini setiap hari.
  • Daun kembang merak direbus dengan menggunakan 2 gelas hingga tinggal 1gelas. Minum ramuan ini 1 kali sehari.
  • Herbal obat hepatitis : Pahon kumis kucing (seluruh tanaman) sebanyak 30-60 gr. Direbus menggunakan 3 gelas air hinggga tinggal 1 gelas.Diminum 2-3 kali sehari 1/2 gelas.   
  • 30 gr jamur lince direbus dengan air sebanyak 600 ml hingga tersisa 300 ml. Kemudian diminum airnya 3 x sehari.
  • 10 gr jamur hioko direbus dengan air sebanyak 500 ml, hingga tersisa 250 ml. diminum airnya 3x sehari.
  • 25 gr jamur putih kering (asparagus), direndam sampai lembut. Kemudian dimasak dengan air dan gula batu secukupnya. Setelah ramuan ini matang diminum airnya dan dimakan jamurnya.

0 komentar :

ADS LINK