CARA MEMBUAT PRODUK KESEHATAN DARI BUAH MENGKUDU

buah mengkudu
Cara mudah dan cepat membuat produk dari ramuan buah mengkudu untuk meningkatkan kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit serta menambah penghasilan.
Mengkudu atau buah pace atau buah noni merupakan buah yang kaya antioksidan yang dapat membantu meghambat proses penuaan agar tetap tampil lebih awet muda.
Berbagai macam manfaat buah mengkudu antara lain: untuk mengatasi  kencing manis, mengurangi nyeri pada persendian dan tekanan darah tinggi.  Tanaman pohon buah mengkudu ini dapat dimanfaatkan penggunaanya sebagai obat, mulai dari daun samapai dengan buahnya dengan resep sebagai berikut:
  • Akar mengkudu dapat dijadikan obat untuk penyakit wasir, hidung tersumbat dan pendarahan pada otak
  • Bunga mengkudu berguna untuk merawat dan memelihara mata dari segala macam penyakit mata
  • Daun mengkudu berguna untuk menurunkan kadar gula dalam darah dengan cara merebus beberapa lembar daun mengkudu yang masih muda dapat disajikan menjadi sayur atau lalapan. Selain untuk menurunkan kadar gula dalam darah daun mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk  mengecilkan rahim atau membentuk perut agar tidak terlalu terlihat melar pasca melahirkan, dengan cara merebus beberapa lembar daun mengkudu yang masih muda dapat disajikan menjadi sayur atau lalapan, atau dengan cara dikukus lalu dibalutkan ke perut sampai kurang lebih 1/2 hari.
  • Kulit dari buah mengkudu dapat dimanfaatkan menjadi obat anti malaria.
  • Buah mengkudu dimanfaatkan untuk memulihkan sel-sel tubuh yang rusak, memperlambat penuaan dini, serta dapat untuk mengatasi  penyakit diabetes melitus, persendian dan tekanan darah tinggi.
  • Buah mengkudu juga dapat mengatasi kesehatan kulit kepala yaitu untuk mengatasi ketombe. Cara menggunakannya" ambil 1 buah    mengkudu ditambah 200 ml air diremas-remas, kemudian disaring kemudian airnya dibasuhkan pada kulit kepala, biarkan sampai kering kemudian rambut dikerasi seperti biasa. Lakukan seminggu 2 x. Buah mengkudu ini dapat mengatasi rambut rontok, ketombe dan mencegah uban.
Keunggulan lainnya dari manfaat mengkudu, adalah :
  1. Untuk sistem penghadaman atau yang berkaitan dengan sistem pencernaan seperti perut kembung, ulser, gastrik, cirit-birit, muntah-muntah, tidak nafsu makan dan masalah keracunan makanan.
  2. Untuk sistem kardiovaskular berfungsi untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan merendahkan kadar kolesterol dalam tubuh.
  3. Untuk sistem pernapasan berfungsi sebagai pelega dari penyakit sinus atau resdung, asma, bronkhitis dan flu yang meleleh
  4. Untuk mengatasi masalah gangguan yang berkaitan dengan mulut dan tekak (kelenjar tenggorokan pada leher), seperti radang tenggorokan pada leher, sakit gusi, sakit gigi dan batuk.
  5. Untuk mengobati penyakit kulit, seperti bisul, luka dan ulser kulit
  6. Untuk mengatasi macam gangguan penyakit dalam tubuh, seperti diabetes mellitus (kencing manis), sakit kepala, migrain ( sakit kepala sebelah ), gangguan ginjal dan sakit pinggang, betis kering bersisik, merekah tumit kaki, mengurangkan penyakit batuk, penyakit kuning dan demam panas
Cara mengkunsumsi buah mengkudu
Mengkudu dapat dikonsumsi secara langsung misalnya dibuat rujak (mengkudu yang gemadung/ belum masak), mengkudu yang sudah masak  diperam (ditumbu-tumbuk dengan sendok makan) kemudian dituangi air panas dan didiamkan semalam (untuk menghilangkan bau langunya) keesokan pagi disaring dan ditambah dengan gula atau madu 1 sendok makan kemudian diminum. Ramuan ini untuk mengatasi tekanan darah tinggi/ hipertensi dan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
Cara mengkunsumsi buah mengkudu agar awet dan praktis dalam pemakaian serta dapat menambah penghasilan yaitu:
  1. 500 gr buah mengkudu yang sudah masak, 1000 ml air, 1 buah ragi tape, 50 gr gula aren atau gula palem. Cara membuatnya: cuci bersih buah mengkudu, masukkan kedalam wadah yang besar dan tidak bocor. Remas-remas buah mengkudu sampai hancur baru dituangi air 500 ml remas-remas kembali dan saring. Lakukan berulang-ulang sampai airnya habis dan sari mengkudunya habis. Endapkan air saringan tadi. Tuangkan air mengkudu yang sudah mengendap ke dalam wadah yang bersih, buaang endapannya. Hancurkan gula dan ragi, masukkan kedalam air mengkudu, aduk-aduk sampai rata. Tuangkan ramuan tadi ke dalam botol yang sudah diseteril, tutup botol dan simpan ditempat yang gelap selama 4 hari.  Setelah 4 hari, ambil ramuan tadi dan dituang kembali pada botol yang  bersih dan sudah diseteril, buang endapannya. Ramuan siap digunakan dan dapat ditambah madu bila hendak meminumnya. Cara menggunakanya: diminum pagi dan sore 1/2 gelas dapat ditambah 1 sendok makan madu bila diperlukan. Bagi yang mempunyai sakit maag ramuan ini diminum setelah makan. Selamat mencoba.
  2. 500 gr buah mengkudu gemadung (belum begitu masak), dicuci bersih sampai. Potong tipis-tipis buah mengkudu kemudian keringkan (dijemur sampai kering), setelah kering mengkudu dihaluskan (digiling, ditumbuk, dihaluskan). Masukkan buah mengkudu yang sudah halus ke dalam cup/ bungkus kapsul. Cara menggunakannya : 2 kapsul 2x sehari.

0 komentar :

ADS LINK