MANFAAT PISANG BAGI KESEHATAN

clip_image002
Pisang merupakan buah yang banyak manfaat bagi kesehatan manusia. Selain rasanya yang manis dan enak, buah pisang dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Buah pisang merupakan buah yang multi manfaat. Mulai dari batang, daun, bunga (jantung pisang) dan buahnya dapat dimanfaat oleh manusia untuk meningkatkan kesehatan dan meningkatkan pendapatan.

Bermacam manfaat yang dihasilkan dari pohon pisang antara lain:
- Daunnya digunakan untuk membungkus makanan.
- Batangnya dikeringkan dapat digunakan untuk membungkus tembakau. Batang pisang terutama jenis pisang abaca dapat dibuat serat sebagai bahan dasar pembuat kertas uang.
- Buahnya dapat dimakan secara langsung atau diolah menjadi makanan untuk menambah penghasilan. Hasil olahan makanan yang berbahan dasar pisang : sale pisang, getuk pisang, ceriping pisang, sle atau salat pisang, brownis, dan masih banyak lagi.

- Kulit pisang dapat dibuat nata , prosesnya hampir sama dengan nata decoco dari air kelapa.
- Pangkal pohonnya terutama pisang kapok dilubangi, ditutup, didiamkan untuk diambil airnya dan diusapkan pada kulit kepala dapat menyuburkan dan menghitamkan rambut.

Bermacam jenis pisang yang ada dipasar, berbeda manfaat dan kandungan gizinya. Secara umum kandungan buah pisang adalah sebagai berikut:

- Kandungan vitamin antara lain: provitamin A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg per 100 gr berat kering. Pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin). Kandungan vitamin B6 pisang cukup tinggi, yaitu sebesar 0,5 mg per 100 gr.

- Kandungan mineral antara lain: kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. mineral pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh. Berdasarkan berat kering, kadar besi pisang mencapai 2 miligram per 100 gr dan seng 0,8 mg.
Buah pisang selain mengandung vitaman dan mineral, buah pisang juga merupakan sumber energi yang sangat tinggi. Sumber energi dari buah pisang ini dihasilkan dari karbohidrat. Kandungan energi buah pisang merupakan energi instan, yang mudah tersedia dalam waktu singkat, sehingga bermanfaat dalam menyediakan kebutuhan kalori sesaat. Namun, karbohidrat pisang merupakan karbohidrat kompleks tingkat sedang dan tersedia secara bertahap, sehingga dapat menyediakan energi dalam waktu tidak terlalu cepat. Karbohidrat pisang merupakan cadangan energi yang sangat baik digunakan dan dapat secara cepat tersedia bagi tubuh.
Jika ditilik dari segi kesehatan, pisang dapat mengatasi anemia karena mengandung zat besi yang cukup banyak, kandungan asam triptopthan yang diubah menjadi serotonin (zat yang dapat mengubah suasana hati) dapat mengatasu depresi dan stres, Sedangkan kandungan vitamin B6 di dalamnya, dapat mengatur kadar glukosa dalam darah yang dapat mengubah mood.
Buah pisang kaya akan serat sehingga dapat membantu memperlancar prosese pencernaan. Selain serat, pisang juga kaya fructooligosaccharide, suatu senyawa yang memelihara probiotik (ramah) bakteri dalam usus besar. Bakteri ini memproduksi enzim yang bermanfaat meningkatkan kemampuan pencernaan kita dan melindungi kita dari infeksi bakteri yang tidak sehat.

Buah pisang juga mengandung asam lemak rantai pendek dicerna (SCFAs) yang sangat nutrisi ke sel-sel yang membentuk mukosa lambung. Buah pisang dapat digunakan untuk obat sakit maag.

Resep obat maag.
Ambil 3 buah pisang raja yang sudah masak, kemudian dibakar/ dipanggang bersama kulitnya sampai keluar madunya. Setelah agak diingin dimakan bagi yang sedang sakit maag. Kalau pisang raja tidak ada dapat diganti dengan pisang gabu 2 buah, atau pisang tawi 2 buah (pisang hijau). Silakan Anda mencoba resep ini.

Resep untuk diare.
Bagi yang sedang mengalami diare, dapat mengkonsumsi pisang “sepet madu”. Pisang jenis ini dapat membantu mengurangi diare.

Resep untuk sariawan
Ambil satu buah pisang klutuk (pisang yang banyak bijinya). Dicuci bersih, kemudian dipotong-potong bulat, 3 buji bawang merah kupas dipotong-potong, 1 sendok teh adas dituangi dengan air panas 50 ml. Setelah air dingin gunakan untuk meremas-remas pisang dan bawang merah, sampai pisang keluar madunya. Peras dan saring kemudian diminum, dapat untuk mengobati penyakit sariawan.

0 komentar :

ADS LINK