Sirih Merah Untuk Mengatasi Berbagai Penyakit

 
Sirih Merah
MANFAAT SIRIH MERAH
Sirih merah mempunyai kandungan senyawa alkaloid, sapanin, tannin dan flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah.
Dokter Nur Wijayahadi dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, yang juga menjadi anggota Komisi Nasional Penilaian Obat Tradisional di Badan POM RI membenarkan bahwa daun sirih merah mengandung senyawa fito-kimia yang sangat baik bagi kesehatan. Pada prinsipnya manfaat daun sirih merah sama dengan sirih hijau. Hanya saja pada sirih merah kandungan flavonoid dan taninnya memang lebih kuat.
Ramuan Sirih Merah

  1. Asma
Cara memanfaatkan daun sirih merah untuk obat asma:
- Ambil 5 lembar daun sirih merah, kemudian cuci bersih.
- Tumbuk daun sirih merah, selanjutnya diperas untuk diambil airnya.
- Air perasan sirih tadi dicampur dengan ½ gelas air matang dan 1 sendok makan madu kemudian diaduk hingga rata.
- Ramuan ini diminum 2x sehari (pagi dan sore masing- masing ½ gelas)
Ramuan ini cocok untuk anak-anak dan sebaiknya diberikan 2-3, sampai dengan asma yang diderita akan sembuh.
  1. Diabetes
- Ambil 7 lembar daun sirih merah: ambil 5 daun setengah tua, daun yang ke-6 dan ke-7 ambil dari pucuk, lalu cici bersih.
- Rebus dengan 3 gelas air (600 ml) sampai mendidih dengan api kecil dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari 3 x sebelum makan, sekali minum ½ gelas.
  1. Organ kewanitaan
- Ambil dun sirih merah tua sebanyak 8 lembar, dicuci bersih, kemudian diiris-iris dengan ukuran 1 cm. Rebus daun sirih merah dengan air 800 ml sampai mendidih.
- Matikan kompor, dan dinginkan rebusan sirih tadi. Setelah dinggin digunakan untuk membersihkan organ kewanitaan.
Ekstra daun sirih merah juga mampu mematikan jamur Chandida Albicans penyebab sariawan. Daun sirih merah juga dapat membantu mengurangi sekrasi pada liang vagina, keputuhan dan gatal-gatal.
Pada dasarnya ekstra daun sirih merah dalam pemakaian tungalnya atau dikonfrrmasikan dengan tanaman obt yang lain adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah,.















0 komentar :

ADS LINK